Tata Cara Penulisan Studi Kelayakan Pabrik

studi kelayakan
1. Arti dan Makna Analisis Setiap Aspek
Aspek Produk
Dengan menganalisis aspek produk, diharapkan kita dapat menghasilkan
produk dalam jumlah yang tepat pada waktu yang tepat, dapat memastikan
produk itu benar-benar akan dapat memenuhi kebutuhan konsumen
dan akan habis di pasar. Juga dapat merencanakan strategi pengembangan
produk.
Analisis aspek produk berarti menganalisis karakteristik produk
dan kebutuhan konsumen yang akan dipenuhi. Dengan menganalisis
karakteristik produk bisa dibedakan apakah proyek yang akan dikembangkan
merupakan produk baru, yaitu produk yang belum pernah ada
di pasar. Atau merupakan produk hasil inovasi, yaitu produk yang sudah
ada di pasar namun memiliki beberapa perubahan yang memberikan
kelebihan/keunggulan tertentu dibandingkan produk yang sudah ada.
Ataukah produk termasuk produk pasaran. Atau bisa dibedakan sebagai
produk inovatif dan fungsional.
Informasi yang diperoleh dari hasil analisis aspek produk akan
menggambarkan posisi produk yang akan diproduksi.
Dalam analisis aspek produk perlu diamati karakteristik produk
yang akan dikembangkan serta perilaku konsumen yang akan dijadikan
target pemasaran.
Aspek Pasar dan Pemasaran
Proyek dapat diharapkan berjalan dengan sehat jika produk yang dihasilkan
mampu mendapat tempat di pasar dengan tingkat penjualan yang
menguntungkan. Oleh karenanya saat ini sangat dibutuhkan menganalisa
aspek pasar dan pemasaran sebelum mengambil keputusan untuk investasi
pada suatu proyek atau usaha.
Sebagaimana kita ketahui pada masa lalu jumlah perusahaan belum
banyak seperti sekarang ini, sehingga persaingan memperebutkan
konsumen belum terlalu ketat. Tapi seiring perkembangan teknologi dan
pertumbuhan perusahaan yang semakin pesat, persaingan merebut
konsumen makin meningkat pula. Dengan makin banyaknya perusahaan
yang muncul memproduksi barang sejenis, pembeli juga memiliki
kebebasan memilih produk yang diperlukan. Sehingga untuk dapat
berkompetisi memperebutkan konsumen diperlukan analisis aspek pasar
dan pemasaran yang akurat. Dalam hal ini investor biasa menggunakan
pendekatan “integrated marketing concept” dalam memperebutkan konsumen.
Pokok bahasan utama dalam analisis aspek pasar dan pemasaran
adalah pengukuran dan peramalan permintaan. Dengan ‘pengukuran’
permintaan dapat diketahui permintaan produk pada masa lalu dan
sekarang dalam kendala satu set kondisi tertentu. Ukuran permintaan
masa lalu dan sekarang diharapkan dapat membantu memperkirakan
permintaan dimasa datang. ‘Peramalan’ permintaan merupakan usaha
mengetahui jumlah produk atau sekelompok produk yang dibutuhkan
konsumen di masa datang dalam kendala satu set kondisi tertentu.
Perkiraan permintaan ini dapat membantu mengurangi kemungkinan
terjadinya hal yang berlawanan antara keadaan yang sesungguhnya
terjadi di kemudian hari dengan hasil peramalan. Dengan kata lain, hasil
maksimal peramalan adalah meminimalkan ketidakpastian di masa ..........



DOWNLOAD DI SINI

Comments

Popular posts from this blog

SOP Instalasi UPJ.doc - Contoh SOP

Proposal Penelitian - Penelitian Perancangan Alat Dan Pembuatan Biogas Dari Kotoran Ternak.docx

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF GAMBARAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1.doc