PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF GAMBARAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1.doc


proposal penelitian
Belajar merupakan kewajiban setiap manusia yang berlangsung seumur hidup, tidak ada alasan untuk tidak belajar. Hal ini telah disikapi oleh pemerintah negara Republik Indonesia dengan menempatkan belajar pada Undang-Undang Dasar 45. Berbagai upaya telah dilakukan, kesemuanya itu mempunyai satu tujuan yaitu meningkatkan mutu luaran dari proses pendidikan.
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Dengan diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi, maka dikeluarkanlah Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pada kurikulum ini mata pelajaran TIK ini mulai diperkenalkan. Seiring dengan perbaikan Kurikulum Berbasis Kompetensi menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), mata pelajaran ini dirampingkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada jenjang SMA/MA mencakup penguasaan keterampilan komputer, prinsip kerja berbagai jenis peralatan komunikasi dan cara memperoleh, mengolah dan mengkomunikasikan informasi. Mata pelajaran ini merupakan bekal bagi peserta didik untuk beradaptasi dengan dunia kerja dan perkembangan dunia termasuk pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
Sebagai mata pelajaran baru di sekolah, membuat sekolah kelabakan dalam mencari tenaga pengajar. karena guru yang mengajarkan TIK ini belum tersedia, akibatnya diambillah pengajar dari guru dengan latar belakang pendidikan yang beragam. Guru pengajar tersebut ditunjuk karena telah mempunyai kemampuan dalam TIK melebihi guru lainnya. Alternatif lain, diambillah tenaga pengajar dari luar lingkungan sekolah, itupun masih ada yang diambil karena keterampilannya dalam pemanfaatan komputer, buka didasarkan atas latar belakang pendidikan Komputer.
Sistem manajemen yang sesuai dengan kondisi mata pelajaran ini sangat diperlukan. Tentunya guru harus melakukan manajemen pembelajaran TIK yang nota bene merupakan pelajaran baru yang terdiri dari aspek perencanaan, pengorganisasian, Pengarahan dan pengawasan. 



Comments

Popular posts from this blog

Proposal Penelitian - Penelitian Perancangan Alat Dan Pembuatan Biogas Dari Kotoran Ternak.docx

SOP Instalasi UPJ.doc - Contoh SOP