Proposal Penelitian - Penelitian Skripsi Meningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Siswa Kelas V Melalui Metode Kerja Kelompok Yang Bermakna.doc
Penelitian
ini akan dilaksanakan di SDN 208/IV Telanai. Subjek penelitian adalah siswa
kelas 5. Kelas lima
berjumlah 32 orang; dua puluh orang siswa laki-laki dan dua belas orang siswa
peremuan. Siswa kelas lima
berumur rata-rata antara 10 tahun sampai 12 tahun. Siswa kelas lima SDN 208/IV Telanai Pura memiliki kecerdasan
menengah dengan nilai rata-rata kelas 6 untuk pelajaran IPA. Siswa kelas 5 berasal
dari keluarga prasejahtera. Pendidikan orang tua siswa rata – rata hanya lulusan SD.
3.2 PROSEDUR
PENELITIAN
Penelitian
Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri
dari empat fase; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
3.2.1 PERENCANAAN
Dalam
tahap perencanaan peneliti melakukan 6 kegiatan utama; meneliti kelas untuk
menentukan dan merumuskan masalah penelitian, mentukan tindakan, membuat
Rencana Pelakasanaan Pembelajaran Perbaikan, membuat lembaran observasi,
menentukan jadwal penelitian, dan membuat matrik metodologi penelitian.
- Meneliti kelas
Dalam tahapan
pertama ini, peneliti menemukan beberapa masalah;
ü
siswa tidak mengerjakan tugas/PR ,
ü
siswa kurang aktif saat proses pembelajaran,
ü
siswa keluar masuk selama proses pembelajaran,
ü
siswa kurang bersemangat dalam KBM
ü
siswa ribut saat proses pembelajaran.
Berdasarkan
masalah-masalah tersebut peneliti mengambil
salah satu masalah yaitu ; 10 orang siswa kelas 5 dari 32 orang siswa SDN
208/IV Telanai Pura Bangko Pintas tidak aktif selama proses pembelajaran IPA.
- Menentukan tindakan
- Metode mengajar yang digunakan adalah metode kerja kelompok yang bermakna.
- Memberikan latihan-latihan
- Membuat RPP Tindakan
Penelitian
tindakan kelas ini berlangsung selama 3 siklus.
RPP tindakan
atau perbaikan terlampir.
d.
Membuat lembaran observasi
Masalah yang diteliti adalah keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPA. Keaktifan
siswa dalam mata pelajaran IPA akan dilihat dalam hal faktor; (1)perhatian
siswa sewaktu guru menerangkan materi (2)keberanian dalam bertanya sewaktu guru
menerangkan pelajaran, (3)kehadiran siswa, (4) keberanian siswa dalam menjawab
pertanyaan guru (5) jawaban siswa pada buku tugas(6)siswa mengerjakan tugas
yang diberikan guru ( 7) ketuntasan siswa dalam melakukan tugas dengan waktu
yang diberikan guru
Lembaran observasi yang disiapkan dapat dilihat pada lampiran 2.
e. Membuat jadwal penelitian
Jadwal
penelitian yang akan dilaksanakan disesuaikan dengan jadwal pelajaran IPA.
f.Membuat matriks penelitian
Comments
Post a Comment