Proposal Penelitian - Penelitian Tindakan Kelas.docx


proposal penelitian tindakan kelas
I.      JUDUL
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS 5 SD TIARA SCHOOL JAKTIM

II.    BIDANG KAJIAN
Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Penggunakaan Teknik Peta Pikiran

III.   PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang

Penguasaan bahasa Indonesia merupakan hal  penting dalam menulis. Sebab menulis adalah salah satu aspek keterampilan dalam bahasa Indonesia. Sebagai suatu keterampilan, kegiatan menulis tentu saja harus dilakukan secara maksimal. Artinya meningkatkan keterampilan menulis perlu dilakukan berulang-ulang sehingga menghasilkan tulisan yang bagus dan menarik.
Namun hal yang terjadi dalam praktek pembelajaran di sekolah adalah guru belum sepenuhnya dapat mengembangkan kemampuan berbahasa siswa khusunya keterampilan menulis. Siswa lebih dijejali dengan pemahaman konsep dari pada penguasaan keterampilan tertentu. Akibatnya siswa tidak mampu mengasosiasikan pengetahuan tersebut ke dalam tulisannya.
Pembelajaran bahasa Indonesia di SD Tiara School dapat dikatakan masih bersifat  konvensional. Akibatnya hasil karangan yang ditulis oleh siswa kurang menarik. Selain itu, rata-rata nilai hasil karangan siswa tergolong masih di bawah standar kompetensi minimal yang telah ditetapkan sekolah di SD Tiara School. Cara pembelajaran seperti ini terjadi karena guru belum menemukan metode yang lebih kreatif dan menyenangkan. Melalui proses analisis guru terhadap masalah yang dihadapi, maka ditetapkan  untuk menggunakan teknik peta pikiran dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan.
Teknik peta pikiran dapat membantu siswa memperluas jaringan kata yang saling berasosiasi   dalam sebuah kerangka karangan sehingga siswa dapat lebih mudah  menguraikannnya ke dalam bentuk tulisan (karangan).
B.   Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka terungkap beberapa masalah yang terjadi pada pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek keterampilan menulis di kelas 5 SD Tiara School. Masalah-masalah tersebut antara lain:
a.    Siswa tidak mudah menemukan gagasan sebagai bahan pengembangan
karangannya.
b.    Siswa mengalami kesulitan untuk mengembangkan kerangka karangan.
c.    Siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan kerangka karangan ke dalam bentuk tulisan.
d.    Siswa mengalami kesulitan dalam menyajikan tulisan dengan struktur susunan kata menjadi kalimat yang runtut dan paragraf yang tertata.
e.    Minimnya perbendaharaan kata yang dimiliki, menyebabkan siswa kurang kreatif memilih kata yang sesuai dan lebih menarik.

IV.          PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
A.   Perumusan Masalah
Berdasarkan masalah-masalah di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : “Apakah penggunaan teknik peta pikiran pada siswa kelas 5 SD Tiara School dapat meningkatkan keterampilan menulis ?”



Comments

Popular posts from this blog

SOP Instalasi UPJ.doc - Contoh SOP

Proposal Penelitian - Penelitian Perancangan Alat Dan Pembuatan Biogas Dari Kotoran Ternak.docx

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF GAMBARAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN TIK DI SMA NEGERI 1.doc