Proposal Penelitian - Penelitian Tindakan Kelas.docx
I. JUDUL
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS
KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS 5 SD TIARA
SCHOOL JAKTIM
II. BIDANG
KAJIAN
Pembelajaran Bahasa Indonesia dan
Penggunakaan Teknik Peta Pikiran
III. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Penguasaan bahasa Indonesia merupakan hal penting dalam menulis. Sebab menulis adalah
salah satu aspek keterampilan dalam bahasa Indonesia. Sebagai suatu keterampilan,
kegiatan menulis tentu saja harus dilakukan secara maksimal. Artinya
meningkatkan keterampilan menulis perlu dilakukan berulang-ulang sehingga
menghasilkan tulisan yang bagus dan menarik.
Namun hal yang terjadi dalam praktek pembelajaran di sekolah
adalah guru belum sepenuhnya dapat mengembangkan kemampuan berbahasa siswa
khusunya keterampilan menulis. Siswa lebih dijejali dengan pemahaman konsep
dari pada penguasaan keterampilan tertentu. Akibatnya siswa tidak mampu
mengasosiasikan pengetahuan tersebut ke dalam tulisannya.
Pembelajaran bahasa Indonesia di SD Tiara School dapat
dikatakan masih bersifat konvensional.
Akibatnya hasil karangan yang ditulis oleh siswa kurang menarik. Selain itu,
rata-rata nilai hasil karangan siswa tergolong masih di bawah standar
kompetensi minimal yang telah ditetapkan sekolah di SD Tiara School. Cara
pembelajaran seperti ini terjadi karena guru belum menemukan metode yang lebih
kreatif dan menyenangkan. Melalui proses analisis guru terhadap masalah yang
dihadapi, maka ditetapkan untuk
menggunakan teknik peta pikiran dalam pembelajaran keterampilan menulis
karangan.
Teknik peta pikiran dapat membantu siswa memperluas
jaringan kata yang saling berasosiasi dalam
sebuah kerangka karangan sehingga siswa dapat lebih mudah menguraikannnya ke dalam bentuk tulisan
(karangan).
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah
diuraikan di atas, maka terungkap beberapa masalah yang terjadi pada
pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek
keterampilan menulis di kelas 5 SD Tiara School. Masalah-masalah tersebut
antara lain:
a. Siswa
tidak mudah menemukan gagasan sebagai bahan pengembangan
karangannya.
b. Siswa
mengalami kesulitan untuk mengembangkan kerangka karangan.
c. Siswa
mengalami kesulitan dalam mengembangkan kerangka karangan ke dalam bentuk
tulisan.
d. Siswa
mengalami kesulitan dalam menyajikan tulisan dengan struktur susunan kata
menjadi kalimat yang runtut dan paragraf yang tertata.
e. Minimnya perbendaharaan kata yang
dimiliki, menyebabkan siswa kurang kreatif memilih kata yang
sesuai dan lebih menarik.
IV.
PERUMUSAN
DAN PEMECAHAN MASALAH
A. Perumusan Masalah
Berdasarkan masalah-masalah di atas, maka dapat
dirumuskan permasalahan sebagai berikut : “Apakah penggunaan teknik peta
pikiran pada siswa kelas 5 SD Tiara School dapat meningkatkan keterampilan
menulis ?”
Comments
Post a Comment