SOP warnet.doc - Contoh SOP
STANDARD
OPERATING PROCEDURE
(SOP)
Warnet
PLANET
JAM OPERASI WARNET DAN JAM KERJA KARYAWAN
1. Jam
operasi warnet, buka 24 jam.
2. Jam
kerja karyawan dibagi menjadi 3 shift,
3. Shift
pertama mulai pk 08:00 WIB s.d 14:00 WIB.
4. Shift
kedua mulai pk 13:00 WIB s.d 22:00 WIB.
5. Shift
ketiga mulai pk 21.00 WIB s.d 07.00 WIB.
6. Karyawan
beda shift bertemu satu jam antara pk 13:00 WIB s.d 14:00 WIB, 21:00 WIB s.d
22:00 WIB, dan 07:00 WIB s.d 08:00 WIB untuk koordinasikan kelanjutan tugas.
7. Karyawan
diwajibkan mengenakan pakaian yang sopan, rapi dan sesuai dengan lingkungan,
dan wajib hadir dan mulai bekerja pada waktu yang telah ditetapkan.
8. Keterlambatan
dan ketidakhadiran akan mendapat sanksi sesuai peraturan.
KUALITAS PELAYANAN
Kualitas atau mutu pelayanan harus sesuai dengan
standarisasi perusahaan. Keramahan, kecepatan pelayanan, tertib, teratur serta
kebersihan yang didapat pelanggan harus sama dari setiap petugas warnet yang
berbeda.
HARI LIBUR
Hari libur : hari raya Idul Fitri dan Hari Besar Islam spt
Lebaran Haji.
Hari libur karyawan : Satu hari dalam satu minggu menurut
jadwal shift yang ada
CUTI KARYAWAN
Karyawan diberikan cuti sebanyak 14 hari dalam 1 tahun,
dengan mengisi formulir izin cuti 7 hari ( 1 minggu) sebelumnya. Cuti tidak
bisa diambil secara 2 hari berurutan. Cuti sehari sebelum atau sesudah jatah
libur, diperbolehkan.
TATA TERTIB :
BAGI KARYAWAN, DILARANG:
1. Meninggalkan
laci meja petugas warnet dalam terbuka walaupun sesaat. Meja petugas harus
diawasi. Laci harus dalam keadaan terkunci. Karyawan bertanggung jawab penuh
jika terjadi kehilangan atas inventaris atau barang hak milik warnet
2. Melakukan
hal2 yang tidak berhubungan dengan pekerjaan di masa jam kerja, seperti main
game, kecuali diperintah atasan.
3. Membawa
pergi alat operasional warnet spt, kunci, alat tulis, dll. Instrumen tersebut
harus diserahkan kepada karyawan yg bertugas
4. Menggunakan
internet tanpa izin pemilik di luar jam operasi untuk menghemat biaya, mencegah
kerusakan dan memperpanjang umur komputer.
5. Membawa
keluar inventaris warnet ke luar tanpa izin pemilik
6. Membiarkan
pelanggan duduk di kursi operator
7. Menggunakan
telpon untuk kepentingan pribadi
8. Menerima
telpon terlalu lama, karena menghalangi pelanggan untuk menghubungi pihak
warnet.
9. Mengeluarkan
catatan, buku, data tentang rahasia perusahaan
Comments
Post a Comment