Menyusun Business Plan.doc - Makalah Kewirausahaan
A. Pengertian Business Plan
Menurut Bygrave, 1994 : 441 (dalam Buchari Alma, 2006: 198) mendefinisikan Business Plan sebagai dokumen yangdisediakan oleh enterpreuner yang memuat rincian tentangmasa lalu, keadaan sekarang dan kecenderungan masa depandari sebuah perusahaan. Isinya mencakup analisis tentangmanajerial, keadaan fisik bangunan, karyawan, produk,sumber permodalan, informasi tentang jalannya perusahaanselama ini dan posisi pasar dari perusahaan. Busineess plan adalah suatu deskripsi rinci dari suatu usulan bisnis, termasuk di dalamnya deskripsi bisnis, jenis pelanggan yang ingin ditarik, persaingan, dan fasilitas yang diperlukan untuk produksi (Jeff Madura).Bisnis plan bisa dirancang oleh pengelola bisnis, pendiri bisnis, dan pemegang kepentingan (stakeholder). Perencanaan usaha adalah proses penentuan visi, misi, dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Jadi dalam perencanaan usaha terkandung adanya:
Menurut Bygrave, 1994 : 441 (dalam Buchari Alma, 2006: 198) mendefinisikan Business Plan sebagai dokumen yangdisediakan oleh enterpreuner yang memuat rincian tentangmasa lalu, keadaan sekarang dan kecenderungan masa depandari sebuah perusahaan. Isinya mencakup analisis tentangmanajerial, keadaan fisik bangunan, karyawan, produk,sumber permodalan, informasi tentang jalannya perusahaanselama ini dan posisi pasar dari perusahaan. Busineess plan adalah suatu deskripsi rinci dari suatu usulan bisnis, termasuk di dalamnya deskripsi bisnis, jenis pelanggan yang ingin ditarik, persaingan, dan fasilitas yang diperlukan untuk produksi (Jeff Madura).Bisnis plan bisa dirancang oleh pengelola bisnis, pendiri bisnis, dan pemegang kepentingan (stakeholder). Perencanaan usaha adalah proses penentuan visi, misi, dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Jadi dalam perencanaan usaha terkandung adanya:
1) Visi, yaitu cita-cita masa depan
perusahaan yang akan melakukanusaha tersebut.
2) Misi
adalah maksud khas atau unik dan mendasar yangmembedakan perusahaan dengan perusahaan lain
sertamengidentifikasikan ruang lingkup kegiatan usaha/perusahaan
yangbersangkutan.
3) Tujuan
adalah hasil yang ingin dicapai dari usaha/perusahaantersebut.
4) Strategi
adalah cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan usahadengan melibatkan semua sumberdaya
atau faktor produksi yangdimiliki.
Dalam dunia bisnis dikenal
beberapa strategi yang biasaditerapkan perusahaan sebagai berikut:
a. Defender,
strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih danmempertahankan pasar pada segmen sempit dari seluruh
pasarpotensial yang ada.
b. Prospector,
strategi bisnis yang diarahkan secara agresifuntuk meraih pasar seluas-luasnya melalui inovasi
produkprodukbaru.
c. Analyzer,
strategi bisnis yang dijalankan melalui imitasi, yaitumeniru apa yang dilakukan
prospektor. Strategi bisnis seperti inibertujuan meraih keuntungan dengan
meminimalkan risiko.
d. Kepemimpinan
dalam biaya (cost-leadership strategy),strategi
bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar seluasluasnyamelalui harga produk yang
semurah-murahnya.
e. Diferensiasi
(differentiation strategy), strategi bisnis yangdiarahkan untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui
keunikanproduk yang dihasilkan. Keunikan tersebut bisa dicirikan olehkualitas
yang tinggi, pelayanan yang prima, maupun rancanganproduk yang inovatif.
f. Fokus
(focus strategy), strategi bisnis yang diarahkan dalamsegmen pasar yang sempit yang
dijalankan melalui fokus dalamkepemimpinan biaya
(cost focus) atau fokus dalam diferensiasi(differentiation focus).
5) Kebijakan
adalah pedoman umum pembuatan keputusan. Kebijakan merupakan batas bagi keputusan,
yaitu menentukan apa yang dapat dibuat dan apa yang tidak dapat dibuat.
6) Program
adalah kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka
7) menjalankan usaha tersebut.
8) Anggaran
adalah laporan sumberdaya keuangan yang disusun untuk membiayai kegiatan-kegiatan
tertentu dalam jangka waktu tertentu. Anggaran terutama digunakan sebagai
peralatan pengawasan dalam mengelola usaha.
9) Prosedur
adalah pedoman pelaksanaan kebijakan yang lebih rinci. Suatu prosedur memberikan
sejumlah instruksi yang terperinci untuk pelaksanaan serangkaian kegiatan yang
terjadi secara teratur.
10) Aturan
adalah ketentuan bahwa sesuatu tindakan tertentu harus atau tidak boleh dilakukan dalam
situasi tertentu. Aturan digunakan untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan.
Comments
Post a Comment