Menyusun Business Plan.doc - Makalah Kewirausahaan


usaha
A. Pengertian Business Plan

Menurut Bygrave, 1994 : 441 (dalam Buchari Alma, 2006: 198) mendefinisikan Business Plan sebagai dokumen yangdisediakan oleh enterpreuner yang memuat rincian tentangmasa lalu, keadaan sekarang dan kecenderungan masa depandari sebuah perusahaan. Isinya mencakup analisis tentangmanajerial, keadaan fisik bangunan, karyawan, produk,sumber permodalan, informasi tentang jalannya perusahaanselama ini dan posisi pasar dari perusahaan. Busineess plan adalah suatu deskripsi rinci dari suatu usulan bisnis, termasuk di dalamnya deskripsi bisnis, jenis pelanggan yang ingin ditarik, persaingan, dan fasilitas yang diperlukan untuk produksi (Jeff Madura).Bisnis plan bisa dirancang oleh pengelola bisnis, pendiri bisnis, dan pemegang kepentingan (stakeholder). Perencanaan usaha adalah proses penentuan visi, misi, dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukan untuk  menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. Jadi dalam perencanaan usaha terkandung adanya:
1)   Visi, yaitu cita-cita masa depan perusahaan yang akan melakukanusaha tersebut.
2)   Misi adalah maksud khas atau unik dan mendasar yangmembedakan perusahaan dengan perusahaan lain sertamengidentifikasikan ruang lingkup kegiatan usaha/perusahaan yangbersangkutan.
3)   Tujuan adalah hasil yang ingin dicapai dari usaha/perusahaantersebut.
4)   Strategi adalah cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan usahadengan melibatkan semua sumberdaya atau faktor produksi yangdimiliki.


Dalam dunia bisnis dikenal beberapa strategi yang biasaditerapkan perusahaan sebagai berikut:
a.    Defender, strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih danmempertahankan pasar pada segmen sempit dari seluruh pasarpotensial yang ada.
b.    Prospector, strategi bisnis yang diarahkan secara agresifuntuk meraih pasar seluas-luasnya melalui inovasi produkprodukbaru.
c.    Analyzer, strategi bisnis yang dijalankan melalui imitasi, yaitumeniru apa yang dilakukan prospektor. Strategi bisnis seperti inibertujuan meraih keuntungan dengan meminimalkan risiko.
d.   Kepemimpinan dalam biaya (cost-leadership strategy),strategi bisnis yang diarahkan untuk meraih pasar seluasluasnyamelalui harga produk yang semurah-murahnya.
e.    Diferensiasi (differentiation strategy), strategi bisnis yangdiarahkan untuk meraih pasar seluas-luasnya melalui keunikanproduk yang dihasilkan. Keunikan tersebut bisa dicirikan olehkualitas yang tinggi, pelayanan yang prima, maupun rancanganproduk yang inovatif.
f.     Fokus (focus strategy), strategi bisnis yang diarahkan dalamsegmen pasar yang sempit yang dijalankan melalui fokus dalamkepemimpinan biaya (cost focus) atau fokus dalam diferensiasi(differentiation focus).
5)   Kebijakan adalah pedoman umum pembuatan keputusan. Kebijakan merupakan batas bagi keputusan, yaitu menentukan apa yang dapat dibuat dan apa yang tidak dapat dibuat.
6)   Program adalah kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka
7)   menjalankan usaha tersebut.
8)   Anggaran adalah laporan sumberdaya keuangan yang disusun untuk membiayai kegiatan-kegiatan tertentu dalam jangka waktu tertentu. Anggaran terutama digunakan sebagai peralatan pengawasan dalam mengelola usaha.
9)   Prosedur adalah pedoman pelaksanaan kebijakan yang lebih rinci. Suatu prosedur memberikan sejumlah instruksi yang terperinci untuk pelaksanaan serangkaian kegiatan yang terjadi secara teratur.
10)    Aturan adalah ketentuan bahwa sesuatu tindakan tertentu harus atau tidak boleh dilakukan dalam situasi tertentu. Aturan digunakan untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan.




Comments

Popular posts from this blog

Power Point Makalah Hukum - Penanggungan Hutang.ppt

Proposal Penelitian Skripsi Jaringan_Komputer.doc

Proposal Kewirausahaan - Wirausaha - Usaha Produk Makanan.docx